20 Anime Yang Mengandung Unsur Indonesia

Plsy Store Street Fight

20 Anime Jepang Yang Mengandung Unsur Indonesia – Mungkin sebagian penikmat anime tidak menyadari atau bahkan sama sekali belum mengetahui bahwa beberapa unsur yang ada di Indonesia telah dimasukkan dalam anime buatan Jepang. Ya, rasanya itu terkadang dapat membuat bangga dan merinding, itupun jika kamu mempunyai jiwa yang peduli dengan negaranya sendiri. Tujuan dibuat artikel ini agar kamu mengetahui kalau negara kita itu dikenal oleh orang-orang yang berada di negara tetangga dan negara di luar sana, jadi setelah melihat artikel ini ada baiknya kamu tidak membenci Indonesia.

Kita akan mengulas beberapa anime yang telah menampilkan unsur-unsur dari Indonesia mulai dari makanan, minuman, tempat, ciri khas, bendera dan pokoknya yang berkaitan dengan Indonesia (tidak termasuk pulau yang ada di globe atau peta). Oke langsung saja berikut ini anime yang menampilkan unsur-unsur dari Indonesia.

1. Dragon Ball

Kalau yang satu ini pasti kalian sudah pada tahu. Ternyata ketika sedang mengadakan turnamen Tenkaichi Budoukai, Bali menjadi tempat referensi anime Dragon Ball.

20 Anime Jepang Yang Mengandung Unsur Indonesia

2. Digimon Adventure

Pasti kalian sudah mengenal anime yang satu ini, anime ini dulu pernah di tayangkan di tv Indonesia dan sempat menjadi teman masa kecil. Apa kamu tahu, ternyata salah satu nama karakter Digimon ini referensi dari Barong Bali, namanya Baromon, keren kan!

3. Clannad

Kalau yang ini pasti kamu mengenalinya, sebab dalam anime ini ada salah satu scene yang menampilkan Jakarta dan menggunakan Bahasa Indonesia (walaupun samar-samar). Anime ini adalah anime pertama yang saya temukan unsur Indonesia-nya, bagaimana pun juga pasti hampir semua orang yang menonton ini menyadarinya karena ada subtitle Bahasa Indonesia yang menonjol.

4. BTOOM

Bagi yang sudah menonton anime ini pasti kamu akan mengenalinya karena ada sebuah pulau yang banyak kadal terbesar di dunia, Komodo. Tahu kan Pulau Komodo? ya, salah satu pulau yang letaknya di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

5. Code Geass

Anime fenomenal sepanjang sejarah ini ternyata menyebutkan Jakarta saat kerusuhan melanda di dunia.

6. Buddy Complex

Saat salah satu scene di bandara, ternyata ada logo maskapai penerbangan asal negara kita, Garuda Indonesia.

7. Ping Pong the Animation

Karakter protagonis dalam anime ini menyebut Papua setelah diselamatkan temannya karena tenggelam di pantai.

8. Rahxephon

Saat melihat anime ini saya merasa bingung karena ada salah satu pilot robot yang memakai codename ‘Bunga Mawar’. Setelah cari sana-sini ternyata benar codename itu berasal dari Indonesia.

9. Detective Conan

Ternyata anime yang menemani masa kecil kita, Detective Conan tepatnya pada episode #184 ada unsur Indonesia-nya juga lho. Lagi-lagi Barong khas Bali ini muncul.

10. Computer Kakumei: Saikyou x Saisoku no Zunou Tanjou

Anime yang mengisahkan gempa bumi yang berada di seluruh dunia terutama Jepang dan Indonesia. Ayah dari heroin dalam anime ini mendedikasikan dirinya untuk membuat alat yang canggih untuk memberitahu, menanggulani, dan mencegah jika terjadinya gempa bumi di dunia. Salah satu tempat yang ingin di kunjungi adalah Indonesia.

11. Grisaia no Rakuen

Yang baru-baru ini lagi di bicarakan bahwa salah satu karakter di anime Grisaria no Rakuen sedang berada di Indonesia.

12. Hajime no Ippo: Rising

Ada salah satu petinju juara nasional kelas ringan super asal Indonesia.

13. Shokugeki no Soma

Nah ini salah satu anime yang lagi booming dan terkenal di tahun 2015, ternyata ada salah satu makanan khas Indonesia masuk dalam anime ini, Tempe.

 

14. To Aru Majutsu no Index (Special)

Lagi-lagi Nasi Goreng. Ketika melihat anime ini saya merasa ada yang aneh, sebab dalam pengucapan yang dilakukan salah satu heroin di anime ini mengucapkan ‘Nasi Goreng’.

15. Terra Formars

Di anime ini juga sekilas dimunculkan spesies yang berasal dari indonesia yaitu sia ferox atau biasa dikenal dengan sebutan jangkrik raksasa. Karakter bernama Isabella R. Leon sang pemilik kekuatan sia ferox ini sangat kuat dan ganas, namun pada akhirnya dia mati setelah bertarung dengan salah satu bos kecoak.

16. GJ-bu

Nah ini, salah satu anime tahun 2013 yang sadar saya lihat ternyata ada unsur Indonesia-nya. Hanya segilintir orang saja yang melihat karena tulisannya ada di bagian pojok kanan.

17. Chuunibyou Demo Koi ga Shitai

Anime ini adalah anime yang bikin jleb untuk para wibu terutama untuk penderita penyakit Chuunibyou, sebab kalau kamu melihat anime ini kamu akan terasa seperti mengingat masa lalu kamu ketika sedang meniru-nirukan karakter yang kamu impikan. Saya juga pernah mengalami hal tersebut, di tahun 2012 ketika anime ini tayang saya seperti mengingat masa lalu saya ketika sedang menjadi Chuunibyou. Rasanya malu tidak karuan ya kurang lebih begitulah. Di sisi lain saya juga mengingat betul kalau anime ini pernah menampilkan ibukota Indonesia, Jakarta.

18. Pscyhoo-Pass

Salah satu anime action terbaik yang melibatkan om Gen Urobuchi, ternyata di saat movie anime ini juga menampilkan unsur Indonesia, bukan tempat, bukan makanan tapi nama. Penasaran silahkan lihat gambarnya di bawah ini.

19. Jormungand

Anime action terbaik lainnya adalah Jormungand, apa kamu tahu anime ini bertempat di salah satu kota teramai di Indonesia. Bukan hanya itu saja, anime ini juga memperkenalkan bendera, makanan dan produk dengan nama Indonesia.

20. Naruto

Kalau yang terakhir ini pasti kalian semua mengenalnya. Animasi Naruto juga pernah menunjukkan rasa Indonesia dalam satu adegan pentingnya, yaitu saat monster berekor sepuluh alias Juubi mulai berubah bentuk. Sebelum masuk ke wujud sempurnanya, bentuk Juubi terutama bagian kepala terlihat seperti sebuah bunga langka khas asal Indonesia, Rafflesia.

Unsur Indonesia di atas bisa kebetulan, bisa juga memang benar-benar diciptakan dari referensi negara kita ini. Kalau masih belum puas, sebenarnya masih ada beberapa anime lagi yang mengandung unsur Indonesia yang belum masuk list 20 anime di atas. Ada One Piece dengan karakter Enel yang celananya mirip dengan batik Indonesia. Masih soal batik, di Naruto ada juga kostum anggota Akatsuki yang juga mirip motif batik asal Indonesia, mungkin kalian pernah dengar ini. Makanan seperti nasi goreng muncul juga di anime D. Gray-man.

Oia, tidak hanya soal visual, beberapa anime juga menampilkan unsur Indonesia lewat audionya. Musik gamelan terdengar di beberapa anime walau telah dikolaborasikan dengan musik modern. Kalian bisa menjumpai hal ini dalam beberapa ost/bgm anime terkenal seperti: Attack of Titan, Akame ga Kill!, Kuroko no Basuke, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, banggakah negara kita ternyata dikenal oleh pembuat anime Jepang sana?

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Blogroll

Please switch off your AdBlock and refresh this page :)