4 PENYEBAB CHARATER ANIME UBANAN DIUSIA MUDA

Kita tentu banyak menjumpai chara2 anime yang berambut putih. Tapi tahukah kita mengapa rambut mereka bisa putih. Oleh karena itulah, penulis tertarik meneliti peyebabnya, sehingga kita dapat menarik kesimpulan apa saja penyebabnya. Dan ternyata ditemukan 4 penyebab:
1. Stress

Menurut spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Mitra Keluarga, dr Winarto SpKK, munculnya uban pada usia muda kebanyakan disebabkan stres berkepanjangan. “Stres bisa menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin. Pigmen ini dihasilkan sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Rambut menjadi putih karena melanosit tidak lagi memproduksi melanin,” kata Winarto.

Inilah chara anime yang rambutnya beruban karena stress:


Rambut kaneki menjadi putih karena stress memikirkan jati dirinya sebagai ghoul/manusia, siksaan2 yang dialaminya sebagai ghoul, dan juga rasa bersalah karena tidak bisa melindungi teman2nya.

2. Penyakit

Diana Bihova MD dari New York University Medical Center mengatakan, stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12. Terkurasnya vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. Keadaan gizi yang buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang juga memengaruhi kesehatan rambut.



Berikut beberapa chara anime yang rambutnya beruban karena penyakit.

a. Kaguya Kimimaro


Kita pasti ingat dengan jelas episode Kimimaro vs Lee vs Gaara, dimana disitu diceritakan Kimimaro memaksakan dirinya yang sedang sakit untuk membantu misi mengantar Sasuke. Tidak jelas penyakit apa yang diderita Kimimaro, atau mungkin juga oleh kekurangan kalsium karena membuang-buang tulang untuk bertarung #just Kidd.


b. Ukitake Juushirou (Bleach)

Di manga Bleach volume 18, terungkap bahwa penderitaannya disebabkan karena penyakit Tuberkulosis dan rambutnya berubah menjadi putih dalam 3 hari setelah penyakitnya. Dia suka makan yang banyak meskipun tubuhnya lemah, sebuah gejala penyakit klasik TBC. Makan kesukaan Juushirou adalah Umeboshi-Chazuke. Dia tidak mempunyai makanan yang tidak disukai.

3. Faktor keturunan

Faktor keturunan adalah penyebab yang paling umum munculnya uban pada usia muda. Informasi tentang rambut putih yang tumbuh lebih dini itu tersimpan di dalam gen. Ini berarti bila orangtua dan kerabat dekat mulai beruban pada usia belia, kemungkinan untuk cepat beruban akan lebih besar. “Gangguan karena kelainan metabolisme, kelainan imunitas, kelainan hormonal, sinar X, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.



Berikut chara anime yang beruban karena faktor keturunan:

a. Inuyasha


b. Killua


4. Merokok

Winarto menilai kebiasaan merokok menghambat aliran zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh yang dibawa dalam peredaran darah. “Merokok tidak hanya menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya, dan secara keseluruhan merugikan kesehatan.



Inilah chara anime yang beruban karena merokok:

a. Kapten Smoker



b. Gokudera Hayato (Katekyo, Hitman Reborn!)



Itulah beberapa penyebab chara anime ubanan di usia muda. Demikianlah hasil penelitian saya, update menyusul. GBU

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Blogroll