8 Jurus Silat Indonesia Yang Di Plagiat Anime Naruto

      (Just For Fun) Naruto adalah salah satu anime tersukses di Indonesia. Yang membuatnya menarik adalah aksi pertarungan yang disajikan dengan jurus2 yang bermacam2 sehingga kita penasaran dan tidak bosan dalam setiap serinnya. Tetapi penulis ada beberapa jurus di Naruto yang penulis rasa tidak asing, seperti Shinra tensei, Hakke Kusho dll yang penulis rasa mirip dengan dunia persilatan di Indonesia. Karena itu penulis terobsesi untuk melakukan penelitian, dan ternyata memang benar ada beberapa jurus yang mirip dengan teknik2 silat di Indonesia.


1. Shinra Tensei

(gambar) Shinra Tensei mode bertahan

(gambar) Shinra Tensei mode menyerang

      Siapa peggemar Naruto yang tidak kenal jutsu sadis ini, yang menghancurkan konoha dalam sekejap. Jutsu ini memanfaatkan cakra yang digunakan untuk tenaga dorongan ke segala arah, sehingga jutsu ini sangat efektif untuk menghadapi banyak musuh, baik untuk bertahan maupun menyerang.

      Ternyata, Shinra tensei juga digunakan dalam beladiri Indonesia, yaitu pencak silat. Jurus ini disebut tenaga dalam yang juga berfungsi sebagai tenaga dorong, yang juga digunakan untuk bertahan dan menyerang. Coba perhatikan  !


(gambar) Tenaga dalam mode bertahan


(gambar) tenaga dalam mode menyerang


2. Hakke Kusho


(gambar) Hakke Kusho

      Berbeda dengan Shinra tensei, jurus ini mengandalkan gelombang cakra untuk mementalkan musuh dari jarak yang lumayan jauh, gelombang cakra itu dipusatkan ditelapak tangan dan dilepaskan seperti tenaga dorong. Kelemahannya hanya bisa digunakan di satu arah.

      Ternyata Hakke Kusho juga dipakai dalam silat indonesia dalam bentuk dorongan gelombang aura. yang dapat mendorong bahkan melumpuhkan musuh. Coba perhatikan !

(gambar) gelombang aura pendorong

(gambar) gelombang aura pelumpuh

3. Juuken Hou Hakke


(gambar) Juuken Hou Hakke klan Hyuuga

      Juuken Hou Hakke adalah jurus khusus klan Hyuuga di Konoha. Konsepnya, berupa konsentrasi pertarungan didalam lingkaran. Jadi, setiap musuh yang masuk kedalam lingkaran Juuken Hou, tidak akan bisa lolos dari pukulan Juuken-nya klan ini. Ditambah dengan sudut pandang Byakugan membuat jurus ini semakin sempurna.

      Konsentrasi pertarungan didalam lingkaran berupa wilayah ini juga dipakai didalam beladiri komunitas kungfu harimau besi Indonesia. Konsepnnya sama, gambar wilayah adalah luas cakupan serangan dan batasan jarak dalam pertarungan.




(gambar) garis bantu pertarungan

4. Konoha Senpuu


(gambar) Konoha Senpuu

      Ini adalah jurus spesial class taijutsu, yang memang memaksimalkan kekuatan alami manusia. Class yang secara fisik adalah yang tekuat. Salah satu senjata terkuat taijutsu adalah pukulan dan tentangan dan kecepatan

      Ternyata, beladiri Indonesia juga menggunakan prinsip ini, bahwa tendangan itu semakin cepat semakin kuat, semakin tinggi semakin sakit.


(gambar) tendangan maut

5. Jujutsu: Shiji Hyƍketsu

(gambar) Asuma memotong kepala Hidan


(Gambar) Hidan masih hidup

      Hidan adalah salah satu shinobi zombie, mengapa ? karena ia tidak bisa mati walaupun dipotong kepalanya, ini adalah effek dari jijutsunya sebagai seorang pertapa.

      Ternyata jurus hidan ini juga ada dalam serial silat indonesia, yaitu dalam film Jaka sembung bawa golok. Coba perhatikan !

(gambar) prosesi pemotongan kepala

(gambar) kepala puntung masih ketawa

6. Sabaku no Suna




(gambar) Pertempuran Garaa vs Rock Lee

      Sabaku no Suna adalah jurus alami gara sebagai seorang jinchuriki Suna, kemampuan ini memungkinkannya mengendalikan/memanipulasi pasil sesuai keinginannya. Jurus inilah yang membuat Rock Lee frustasi dan mengerahkan tenaga terakhirnya.

      Di Indonesia memang tidak ada beladiri yang bisa mengendalikan pasir. akan tetapi, memanfaatkan pasir sebagai arena dan alat bertaruh sudah umum. Pasir dapat dikendalikan dengan disemburkan kemuka lawan untuk mengganggu penglihatan lawan. Coba perhatikan !



(gambar) pertarungan di pasir

7. Mizu Step no jutsu

(gambar) Naruto belajar berjalan diatas air


(gambar) pertempuran diatas air

      Hampir semua shinobi bisa berjalan diatas air, caranya dengan memusatkan cakra di telapak kaki.

      Di Indonesia pertempuran diatas air juga umum dan menarik untuk disimak. Seperti gambar dibawah ini.

(gambar) Silat diatas air

8. Tambahan : Chidori




NB: Just For Fun, update menyusul

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Blogroll